Blogger Templates

Sunday, February 24, 2013

CARA MEMBUAT TEXT 3D di COREL DRAW


Kali ini saya akan membagi informasi tentang CorelDraw yang telah saya pelajari dari http://news.palcomtech.com . Silahkan mencoba :)

Langkah 1
Buat text dengan menggunakan Text tool (f8), pilih type font yang diinginkan, atur size font, kemudian beri warna text dengan cara mengklik kiri di color pallete.


Langkah 2
Kemudian untuk memberikan efect 3D klik Extrude tool.



Langkah 3
Pada Property tool klik kiri tahan di bagian custom untuk memilih jenis efect extrude yang diinginkan, disini saya menggunakan vector Extrude 3.

Langkah 4
Masih di Property tool atur pengaturan extrude seperti gambar di bawah, Pada pilihan depth beri nilai 5, depth digunakan untuk mengatur panjang extrude, kemudian untuk mengatur warna extrude klik kiri tahan pada pilihan icon Color kemudian pilih Use Color Shading atur deh warna yang diinginkan.


Langkah 5
Anda juga dapat merotate extrude agar lebih menarik dengan cara klik kiri tahan pada icon extrude rotation, kemudian putar sesuai keinginan.

Langkah 6
Efek Extrude ini tidak hanya bisa di terapkan pada text, anda bisa berikan juga pada sebuah object shape, sebagai contoh disini saya buat objek berbentuk love dengan basic shape tool.


Langkah 7
Setelah terbuat object shape, berikan efect extrude seperti langkah sebelumnya dari langkah 2 sampai 5, alhasil seperti gambar di bawah. Eh…..! Ada yang ketinggalan, tambahkan text PalComTech dan beri Efect Extrude seperti langkah sebelumnya.


Langkah 8
Agar objek anda lebih menarik, klilk kiri salah satu objek, disini saya contohkan dengan objek shape love, berikan warna gradasi dengan cara pilih Interactive Fill Tool.


Langkah 9
Di bagian Fill Type pilih type Radial, kemudian atur warna yang diinginkan.


Langkah 10
Untuk objek dan PalComTech berikan warna gradasi seperti objek shape love, copy dan paste objek Shape love hinga beberapa buah, anda juga bisa menambahkan Efect shadow agar lebih menarik, hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Demikianlah tutorial Efek 3D Pada Teks ini saya persembahkan. Sampai jumpa lagi pada tutorial CorelDraw lainnya. Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment